Inilah Cara Meningkatkan Kesuburan Pria

Jika Anda dan pasangan Anda merencanakan untuk memiliki bayi, Anda mungkin mencari informasi tentang bagaimana cara meningkatkan kesuburan untuk memperbesar kesempatan Anda mendapatkan sang buah hati. Jumlah dan kualitas sperma yang sehat diperlukan untuk kesuburan.

Agar kehamilan bisa terjadi, sebenarnya hanya satu sperma dan satu telur yang dibutuhkan, jadi mengapa jumlah sperma menjadi penting?

Meningkatkan jumlah sperma akan memperbesar kemungkinan anda untuk memiliki buah hati. Ketika seorang pria berejakulasi ke seorang wanita, kemungkinan satu sperma akan mencapai dan menanamkan dirinya ke dalam telur meningkat jika lebih banyak sperma berada di air mani.

Cara Meningkatkan Kesuburan Pria

1. Menjaga Asupan Makanan
Salah satu cara meningkatkan kualitas sperma adalah dengan menjaga asupan makanan sehat setiap harinya. Setidaknya konsumsilah 5 porsi buah dan sayuran yang berbeda setiap hari. Buah dan sayur ini bisa Anda konsumsi dalam berbagai sajian, baik dalam keadaan segar, beku, kalengan, atau pun kering. Jus buah dan jus sayur atau yang dibuat smoothies juga bisa jadi kreasi sehat Anda.

Konsumsi juga biji-bijian utuh seperti gandum, kentang, beras merah, atau pun sereal sebagai bentuk asupan serat dan karbohidrat, serta vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh.
Jangan lupa konsumsi makanan berprotein seperti daging tanpa lemak, ikan, telur dan kacang-kacangan, setidaknya dua porsi dalam seminggu. Anda juga bisa melengkapinya dengan mengonsumsi susu rendah lemak, yoghurt, dan keju.

2. Menerapkan Pola Hidup Sehat
Menerapkan pola hidup sehat bisa menjadi cara meningkatkan kualitas sperma. Dalam hal ini, Anda bisa melakukan langkah-langkah mudah berikut ini:
a. Rajin berolahraga. Tak hanya baik untuk kesehatan, rajin berolahraga juga dapat meningkatkan kadar testosteron Anda dan meningkatkan kualitas air mani.
b. Berhenti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol serta narkoba.
c. Hindari penyakit seksual menular dengan menerapkan perilaku seksual yang sehat dan aman, serta tidak berganti-ganti pasangan.
d. Hindari stres, karena stres dapat mengakibatkan perubahan hormon dan menurunkan kualitas sperma.
e. Jaga temperatur testis Anda. Suhu tinggi di sekitar testis dapat menurunkan kualitas sperma dan mengakibatkan produksi sperma yang lambat. Jadi, hindari menggunakan pakaian dalam yang ketat, duduk terlalu lama, terlalu sering mandi air panas atau sauna, dan meletakkan laptop di paha Anda. Kebiasaan ini berefek buruk terhadap kualitas dan motilitas sperma.

3. Menjaga Berat Badan Ideal
Jika anda kelebihan berat badan, menguranginya merupakan salah satu cara paling efektif yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan jumlah sperma. Penelitian telah menunjukkan bahwa penurunan berat badan secara signifikan dapat meningkatkan volume, konsentrasi, dan mobilitas mani, serta keseluruhan kesehatan sperma.

Peningkatan jumlah sperma telah ditemukan paling signifikan pada pria yang memiliki indeks massa tubuh lebih tinggi, jadi jika Anda berhasil menurunkan sejumlah besar berat badan, bahkan kehilangan sejumlah kecil berat badan juga dapat membantu.

Untuk mencapai tujuan penurunan berat badan Anda, bicarakan dengan dokter yang bisa membantu Anda, serta mulailah dengan cara yang sehat dan aman. Olah raga secara teratur dan terukur juga akan sangat membantu meningkatkan kesuburan pria.

4. Olahraga Teratur
Jika Anda tidak ingin menurunkan berat badan, tetap aktif dan menjalani gaya hidup sehat bisa membantu meningkatkan jumlah sperma Anda. Satu studi menemukan bahwa latihan angkat besi dan olahraga di luar rumah dapat membantu kesehatan sperma lebih banyak daripada jenis olahraga lainnya. Pertimbangkan untuk memasukkan jenis aktivitas ini ke dalam rutinitas Anda.

Olahraga juga bisa membantu Anda mempertahankan atau bahkan menurunkan berat badan, yang juga memiliki manfaat tambahan bagi kesehatan sperma Anda.

5. Konsumsi Vitamin dan herbal
Beberapa jenis vitamin, termasuk vitamin D, Vitamin C, dan Vitamin E, penting untuk kesehatan sperma. Suatu studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi 1.000 mg vitamin C setiap hari dapat membantu konsentrasi sperma dan mobilitas pria. Jumlah sperma keseluruhan tidak akan membaik, namun sperma bisa menjadi lebih terkonsentrasi dan mampu bergerak lebih efisien, sehingga dapat meningkatkan kesuburan pria.

Studi lain mencatat tingkat kehamilan yang kurang berhasil di antara pasangan di mana orang tersebut memiliki kadar vitamin D yang rendah. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk memahami hubungan antara vitamin D dan kesuburan ini, meskipun nampaknya hal tersebut memiliki korelasi.
Meningkatkan kesuburan pria juga dapat dilakukan dengan mengkonsumsi herbal Royal Kiraz. Saat ini, sudah banyak distributor Royal Kiraz di Indonesia.

Bagi pasangan yang telah lebih dari setahun belum juga memiliki buah hati meski sudah menerapkan pola hidup sehat dan melakukan berbagai cara untuk meningkatkan kualitas sperma dan kesuburan, dianjurkan untuk segera berkonsultasi ke dokter spesialis kandungan untuk mendapat pemeriksaan lebih lanjut, atau melakukan pemeriksaan kesuburan di rumah sakit.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Kesehatan Lainnya

Mengenal Hormon Kortisol

Mengenal Hormon Kortisol

Hormon kortisol mungkin tidak banyak diketahui keberadaannya dibandingkan dengan hormon adrenalin. Nyatanya, kedua jenis hormon itu berkaitan satu sama lain dan memiliki fungsi yang tidak sedikit untuk tubuh berfungsi secara maksimal. Apa itu Hormon Kortisol ?...

Mengenal Paru Paru Basah dan Penanganan

Mengenal Paru Paru Basah dan Penanganan

Paru-paru basah adalah kondisi yang terjadi akibat peradangan pada salah satu atau kedua paru-paru. Paru-paru basah ini biasanya terjadi akibat infeksi pada paru-paru. Batuk terus menerus dan disertai demam, kadang bisa menjadi salah satu tanda atau gejala terkena...

Penyakit Asam Lambung : Gejala, Penyebab dan Pengobatan

Penyakit Asam Lambung : Gejala, Penyebab dan Pengobatan

Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah munculnya rasa terbakar di dada akibat asam lambung naik ke kerongkongan. Gejala penyakit asam lambung muncul minimal 2 kali dalam seminggu. Asam lambung adalah zat asam yang ada di dalam...