Tips Menjaga Kesehatan Tulang

Untuk memiliki tulang yang sehat, Anda harus memelihara kesehatan tulang sejak dini. Cara menjaga tulang agar tetap sehat antara lain dengan menjaga pola makan dan menerapkan gaya hidup sehat, termasuk aktif bergerak. 

Tulang merupakan tempat menempelnya daging serta otot manusia yang membuat manusia bisa bergerak dan beraktivitas dengan bebas. Oleh karena itu, tulang harus dijaga kesehatannya agar tidak terjadi kerusakan seperti tulang keropos, patah tulang, atau osteoporosis.

Berikut tips menjaga kesehatan tulang sejak dini.

1. Mengonsumsi beraneka jenis sayuran

Untuk menjaga kesehatan tulang, Anda disarankan untuk rutin mengonsumsi sayuran. Sayuran kaya akan vitamin C yang berfungsi untuk membantu produksi sel-sel pembentuk tulang. Selain itu, vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tulang dari kerusakan akibat radikal bebas.

2. Mencukupi asupan vitamin D harian

Untuk membantu penyerapan kalsium, pembentukan tulang, dan melindungi tulang, tubuh membutuhkan vitamin D. Anda dapat memenuhi kebutuhan vitamin D harian dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D, seperti salmon, ikan sarden, minyak ikan, ikan tuna, tiram, udang, kuning telur, dan jamur.

Selain dari makanan, vitamin D juga dapat dibentuk sendiri oleh tubuh dengan bantuan paparan sinar matahari. Namun ingat, hindari terlalu lama berjemur di bawah sinar matahari yang terik.

3. Melakukan olahraga rutin

Untuk menjaga kesehatan tulang, Anda juga disarankan untuk rutin berolahraga. Dengan berolahraga secara rutin, kekuatan otot, koordinasi, dan keseimbangan tubuh Anda dapat terjaga dengan baik. Selain itu, risiko Anda untuk terkena osteoporosis juga akan berkurang.

4. Menghentikan kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol

Untuk memelihara kesehatan tulang, hentikan kebiasaan merokok. Hal ini karena kandungan pada rokok dapat menyebabkan tulang menjadi rapuh. Anda juga sebaiknya menghindari konsumsi minuman beralkohol, karena dapat meningkatkan risiko terjadinya osteoporosis.

5. Mencukupi kebutuhan kalsium harian

Selain vitamin D, pastikan juga asupan kalsium harian Anda terpenuhi dengan baik. Kekurangan asupan kalsium akan menyebabkan penurunan kepadatan tulang, bahkan bisa meningkatkan risiko terjadinya patah tulang.

Kebutuhan kalsium harian ditentukan berdasarkan usia. Biasanya orang dewasa membutuhkan sekitar 1000 mg kalsium per hari. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Anda dapat mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium, seperti susu, keju, tahu, bayam, tempe, brokoli, ikan sarden, salmon, kale, dan kubis.

6. Mengonsumsi suplemen kalsium

Pada beberapa keadaan, seperti adanya gangguan pada saluran pencernaan, menopause, dan pola makan atau diet yang kurang asupan kalsium, serta dalam masa kehamilan, menyusui, Anda membutuhkan tambahan kalsium yang dapat dikonsumsi secara rutin untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

Salah satu pilihannya adalah suplemen kalsium yang mengandung kalsium karbonat. Anda dapat mengonsumsi suplemen kalsium ini setelah atau bersamaan dengan makanan. Hal ini dapat mengurangi rasa tidak nyaman di perut, dan membantu meningkatkan penyerapan kalsium di tubuh. Anda juga disarankan mengonsumsinya sesuai petunjuk yang tertera pada kemasan produk.

Beberapa suplemen kalsium juga mengandung vitamin D dan vitamin C. Kombinasi kalsium dengan kedua vitamin ini akan membantu penyerapan kalsium oleh tubuh. Gaya hidup sehat hendaknya diterapkan sejak dini. Lagipula lebih mudah menerapkan dan membiasakannya saat kondisi tubuh masih prima. Konsumsi juga susu tinggi kalsium. Dengan perpaduan antara gaya hidup sehat, tulang dan sendi kuat di usia senja bukan lagi hal yang sulit untuk diraih.

Berikut beberapa tips menjaga kesehatan tulang sejak dini. Sebarkan agar orang sekitar anda dapat menjaga kesehatan tulang sejak dini.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Kesehatan Lainnya

Inilah Cara Meningkatkan Kesuburan Pria

Inilah Cara Meningkatkan Kesuburan Pria

Jika Anda dan pasangan Anda merencanakan untuk memiliki bayi, Anda mungkin mencari informasi tentang bagaimana cara meningkatkan kesuburan untuk memperbesar kesempatan Anda mendapatkan sang buah hati. Jumlah dan kualitas sperma yang sehat diperlukan untuk kesuburan....

Mengenal Hormon Kortisol

Mengenal Hormon Kortisol

Hormon kortisol mungkin tidak banyak diketahui keberadaannya dibandingkan dengan hormon adrenalin. Nyatanya, kedua jenis hormon itu berkaitan satu sama lain dan memiliki fungsi yang tidak sedikit untuk tubuh berfungsi secara maksimal. Apa itu Hormon Kortisol ?...

Mengenal Paru Paru Basah dan Penanganan

Mengenal Paru Paru Basah dan Penanganan

Paru-paru basah adalah kondisi yang terjadi akibat peradangan pada salah satu atau kedua paru-paru. Paru-paru basah ini biasanya terjadi akibat infeksi pada paru-paru. Batuk terus menerus dan disertai demam, kadang bisa menjadi salah satu tanda atau gejala terkena...