Penyakit Asam Lambung : Gejala, Penyebab dan Pengobatan

Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah munculnya rasa terbakar di dada akibat asam lambung naik ke kerongkongan. Gejala penyakit asam lambung muncul minimal 2 kali dalam seminggu.

Asam lambung adalah zat asam yang ada di dalam lambung. Masuk kedalam golongan asam hidroklorat (HCl), zat ini berfungsi untuk membantu lambung dalam menghancurkan makanan menjadi lebih lunak dan ukuran yang kecil. Sehingga dapat diproses oleh tubuh menjadi energi, ini disebut proses metabolisme.

Gejala Penyakit Asam Lambung

Gejala utama dari asam lambung naik adalah rasa seperti terbakar di dada (heartburn), yang bertambah parah setelah makan atau saat berbaring. Gejala ini dapat disertai dengan keluhan gangguan pencernaan lainnya, seperti sering bersendawa, mual dan muntah, serta maag dan sesak napas. Penyakit asam lambung juga dapat menimbulkan keluhan mulut terasa asam.

Penyebab Penyakit Asam Lambung

Asam lambung naik ke kerongkongan (refluks asam lambung) terjadi ketika otot kerongkongan bagian bawah (otot LES) melemah. Otot LES ini seharusnya berkontraksi dan menutup saluran ke kerongkongan setelah makanan turun ke lambung. Bila otot ini lemah, kerongkongan akan tetap terbuka dan asam lambung akan naik kembali ke kerongkongan.

Kondisi ini lebih berisiko terjadi pada orang lanjut usia (lansia), orang dengan obesitas, perokok, orang yang sering berbaring atau tidur setelah makan, dan wanita hamil.

Pengobatan Penyakit Asam Lambung

Kebanyakan penyebab utama asam lambung, ditengarai karena gaya hidup. Perubahan gaya hidup bahkan mengurangi ketegangan dan stres bisa dijadikan acuan untuk menyembuhkan penyakit asam lambung yang terjadi. Berikut ini adalah hal sederhana namun efektif untuk mengatasi kondisi asam lambung.

  • Tidur 8 jam sehari di waktu malam
  • Mengurangi konsumsi makanan pedas
  • Menghentikan atau menghindari minuman beralkohol, juga kebiasaan merokok
  • Jenis minuman dengan kandungan kafein, seperti teh, kopi juga minuman jenis cola yang berkarbonasi
  • Mengatur pola makan, sebaiknya 3 kali sehari dengan porsi cukup dan berimbang serta waktu yang teratur
  • Menjauhi penyebab stress

Bila sudah terlanjur terkena, dan memasuki intentsitas yang parah. Biasanya penderita sangat disarankan untuk menemui dokter. Selanjutnya dokter akan memberikan resep obat-obatan yang berfungsi untuk menurunkan asam lambung yang tinggi.

Selain dengan mengandalkan pengobatan medis. Secara turun temurun ada juga pengobatan dengan memanfaatkan herbal. Beberapa dipercaya memberikan efek terapeutik yang sangat baik untuk kesembuhan pasien tersebut. Berikut ini adalah daftar jenis tanaman obat untuk meredakan asam lambung.

1. Buah Pisang

Sudah sejak lama, buah pisang raja dipergunakan nenek moyang masyarakat Indonesia sebagai MP ASI (Makanan Pendamping ASI). Teksturnya yang lembut, serta cenderung manis ketika sudah matang menjadikan buah yang satu ini sangat nikmat untuk dikonsumsi. Tetapi ternyata dibalik hal tersebut terdapat pula khasiat untuk mengatasi asam lambung karena mengandung anti luka pada lambung.

Untuk menjadikan buah pisang raja sebagai herbal guna mengobati penyakit ini ada caranya. Pertama buah pisang dipilih yang sudah tua tetapi cenderung belum terlalu matang. Pisang dipotong tipis-tipis seperti dalam pembuatan keripik.

Selanjutnya, jemur dan anginkan hingga kering. Pisang yang sudah kering lantas diblender sampai seperti bubuk, dan bisa dikonsumsi dengan mencampur 2 sendok bubuk pisang dengan madu asli. Waktu yang paling tepat untuk meminumnya adalah pada pagi dan malam hari.

2. Kacang Hijau

Jenis polong-polongan yaitu kacang hijau juga dipercaya bisa jadi alternatif herbal untuk atasi penyakit asam lambung. Selain bisa menebalkan lapisan lambung cara mengolahnya pun gampang. Cukup buat menjadi bubur kacang hijau sebagaimana biasanya, dengan tempo memasak yang tidak terlalu lama. Untuk mendapatkan efek maksimal, waktu yang paling pas adalah pagi dan sore hari untuk mengonsuminya.

3. Mentimun

Sayuran yang satu ini mudah dijumpai dan bisa dikonsumsi secara langsung. Untuk menjadikannya sebagai obat herbal untuk asam lambung pilih mentimun segar yang bebas dari bintik kuning apalagi kehitaman. Cukup dengan mengkonsumsi irisan mentimun setebal 1 cm dan dikonsumsi tiap 2 jam sekali, niscaya kelebihan asam lambung dapat teratasi.

Selain itu ada juga cara lain. Mentimun mentah dikupas dan dibuang bagian biji serta kulitnya. Ini untuk menjaga kesegaran dan kandung nutrisi dari mentimun tersebut. Selanjutnya bisa dicampurkan dengan bahan herbal lain yang juga dipercaya baik dan bisa memberikan efek positif untuk meredakan asam lambung seperti; yogurt, wortel, mint ataupun bawang putih mentah, setelahnya bisa dikonsumsi langsung.

Beberapa orang mungkin tidak terlalu suka dengan mentimun. Karena itu mungkin bisa dijadikan mentimun parut untuk dijadikan semacam saus pada salad atau roti. Ini untuk mencegah keasaman lambung  terus terjadi.

4. Kunyit

Studi pada tahun 1953 telah menunjukkan bahwa salah satu herbal yakni kunyit juga punya efek yang maksimal untuk mengobati asam lambung. Cara untuk menyiapkannya juga cukup sederhana, hanya dengan memarut kunyit berukuran sebesar 2 jari tangan yang telah dibersihkan tentunya, selanjutnya kemudian diperas dengan menggunakan kain bersih untuk kemudian didiamkan lalu diambil airnya. Meminum ramuan ini sebanyak 2 kali pada pagi sebelum makan dan malam menjelang tidur dipercaya menyembuhkan asam lambung.

Terima kasih telah membaca artikel kami, share jika artikel ini bermanfaat bagi anda. Silahkan tinggalkan komentar anda dan salam hidup sehat.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Kesehatan Lainnya

Inilah Cara Meningkatkan Kesuburan Pria

Inilah Cara Meningkatkan Kesuburan Pria

Jika Anda dan pasangan Anda merencanakan untuk memiliki bayi, Anda mungkin mencari informasi tentang bagaimana cara meningkatkan kesuburan untuk memperbesar kesempatan Anda mendapatkan sang buah hati. Jumlah dan kualitas sperma yang sehat diperlukan untuk kesuburan....

Mengenal Hormon Kortisol

Mengenal Hormon Kortisol

Hormon kortisol mungkin tidak banyak diketahui keberadaannya dibandingkan dengan hormon adrenalin. Nyatanya, kedua jenis hormon itu berkaitan satu sama lain dan memiliki fungsi yang tidak sedikit untuk tubuh berfungsi secara maksimal. Apa itu Hormon Kortisol ?...

Mengenal Paru Paru Basah dan Penanganan

Mengenal Paru Paru Basah dan Penanganan

Paru-paru basah adalah kondisi yang terjadi akibat peradangan pada salah satu atau kedua paru-paru. Paru-paru basah ini biasanya terjadi akibat infeksi pada paru-paru. Batuk terus menerus dan disertai demam, kadang bisa menjadi salah satu tanda atau gejala terkena...